FL Technics Praktik Kerja Lapangan Tentang Pemeliharaan Pesawat Udara
AKTIVITAS PRAKTEK KERJA LAPANGAN
Dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan,
penulis berkesempatan untuk mengikuti kegiatan praktik yang ada di PT. Avia
Technics Dirgantara pada tanggal 18 Oktober 2021 sampai dengan 30 November
2021. Pada minggu pertama, penulis di tempatkan di bidang NDT (Non Destructive Test), aktivitas
penulis pada saat di tempatkan di NDT mencakup juga belajar apa itu NDT,
membantu mencatat hasil saat proses NDT pada pesawat udara dan juga mengamati
cara NDT pada pesawat udara.
Pada minggu kedua sampai akhir, penulis ditempatkan
di Structure repair, aktivitas penulis pada saat ditempatkan Structure repair juga mencakup belajar tentang struktur pesawat udara, cara
perbaikan struktur pesawat udara, dan cara perawatan pesawat udara.
1. Non Destructive Test (NDT)
NDT (Non Destructive
Test) adalah metode yang digunakan pada industri pesawat udara, untuk
mengetahui adanya crack atau tidak
dan menguji material tanpa merusak material yang akan diuji.
- Fluoresence Penetran Inspection (FPI)
Aktifitas penulis pertama kali adalah mengetahui
ada crack atau tidak pada mur yang akan dipasang pada engine dengan menggunakan
metode penetran. Penetrant Test
adalah jenis pengujian tidak merusak atau Non
Destructive Test (NDT) yang bertujuan memeriksa permukaan material terdapat
crack atau tidak. Prinsip kerja uji
penetran adalah cairan penetran yang masuk ke dalam diskontinuitas kemudian
akan keluar ke permukaan dengan bantuan developer
atau cairan pengembang. Developer
ini harus mempunyai warna yang kontras dengan warna liquid penetrant agar saat proses
pengamatan hasil pengujian dapat dilakukan dengan mudah dan benar.
2. Eddy
Current Inspection
Eddy
Current Test adalah metode pengujian yang menggunakan induksi
elektromagnetik untuk mendeteksi kerusakan atau cacat pada suatu material. Tes
ini biasanya digunakan untuk mendeteksi cacat permukaan atau sub-permukaan.
Eddy Current test mempunyai 3 Frekuensi yaitu:
1. LFEC
(Low Frequency Eddy Current)
menggunakan 1 - 10 KHz
2. MFEC
(Medium Frequency Eddy Current )
menggunakan 25 – 26 KHz
3.
HFEC
(High Frequency Eddy Current)
menggunakan 500 KHz
Inspeksi
pada :
1.
High Frequency Eddy Current Inspection plate
forward Cargo
2.
High Frequency Eddy Current Inspection Vertical
Stabillizer
3.
High Frequency Eddy Current Emergency doors
4.
High Frequency Eddy Current Landing Gear Aft
Vertical Stifeners
5. Chemical milling Medium Frequency Eddy Curent
Inspection STA 360 – 908, STR 4 & 10
6.
Roto inspection at forward Cargo
3. Ultrasonic
Inspection
Ultrasonic
test menggunakan suara frekuensi
untuk melakukan proses pengujian atau proses pengukuran. Untuk melakukan
pengujian, menggunakan frekuensi gelombang ultrasonic.
Ultrasonic inspection biasanya digunakan untuk remaining thickness pada
material pesawat udara.
3. Replace Beam
Beam adalah bagian dari kerangka pesawat udara, yang berada pada sumbu longitudinal. Beam merupakan batang yang
berfungsi untuk menahan beban dari floor
pada pesawat terbang. Aktitas penulis mengganti beam yang rusak diakibatkan oleh korosi.
4. Replace Side Plate
Side
plate terletak di daerah kargo yang
berfungsi untuk penguat dan mengikat fastener
floor kargo, side plate mengalami
korosi dan dilakukan replace side plate.
5. Repair Crack Pada Skin
Skin pada daerah tail
section mengalami kerusakan yang disebabkan oleh Benturan tangga sehingga mengalami crack, dna harus direpair untuk mencegah perambatan crack pada skin supaya crack tidak melebar.
6. Replace Stringer
Stringer mengalami
kerusakan yang disebabkan oleh korosi, dan dilakukan Perbaikan pada stringer.
7. Replace Pyramid Rack
Pyramid rack berfungsi
untuk menahan rak elektronik pesawat.yang terletak pada kargo depan.
8. Modification Central Vertical Strat
Modifikasi
pada Vertical strut yang terletak
pada kargo, berfungsi untuk penguat dan pengikat bulkhead floor.
Dan masih banyak lagi ...... cape aing nulis na da punten nya
Belum ada Komentar untuk "FL Technics Praktik Kerja Lapangan Tentang Pemeliharaan Pesawat Udara"
Posting Komentar