FL Technics Praktik Kerja Lapangan Tentang Pemeliharaan Pesawat Udara

 

AKTIVITAS PRAKTEK KERJA LAPANGAN

 

Dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan, penulis berkesempatan untuk mengikuti kegiatan praktik yang ada di PT. Avia Technics Dirgantara pada tanggal 18 Oktober 2021 sampai dengan 30 November 2021. Pada minggu pertama, penulis di tempatkan di bidang NDT (Non Destructive Test), aktivitas penulis pada saat di tempatkan di NDT mencakup juga belajar apa itu NDT, membantu mencatat hasil saat proses NDT pada pesawat udara dan juga mengamati cara NDT pada pesawat udara.

Pada minggu kedua sampai akhir, penulis ditempatkan di Structure repair, aktivitas penulis pada saat ditempatkan Structure repair juga mencakup belajar tentang struktur pesawat udara, cara perbaikan struktur pesawat udara, dan cara perawatan pesawat udara.

 

       1.  Non Destructive Test (NDT)

NDT (Non Destructive Test) adalah metode yang digunakan pada industri pesawat udara, untuk mengetahui adanya crack atau tidak dan menguji material tanpa merusak material yang akan diuji.

         - Fluoresence Penetran Inspection (FPI)

Aktifitas penulis pertama kali adalah mengetahui ada crack atau tidak pada mur yang akan dipasang pada engine dengan menggunakan metode penetran. Penetrant Test adalah jenis pengujian tidak merusak atau Non Destructive Test (NDT) yang bertujuan memeriksa permukaan material terdapat crack atau tidak. Prinsip kerja uji penetran adalah cairan penetran yang masuk ke dalam diskontinuitas kemudian akan keluar ke permukaan dengan bantuan developer atau cairan pengembang. Developer ini harus mempunyai warna yang kontras dengan warna liquid penetrant agar saat proses pengamatan hasil pengujian dapat dilakukan dengan mudah dan benar.





2.         Eddy Current Inspection


                             

Eddy Current Test adalah metode pengujian yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mendeteksi kerusakan atau cacat pada suatu material. Tes ini biasanya digunakan untuk mendeteksi cacat permukaan atau sub-permukaan.

Eddy Current test mempunyai 3 Frekuensi yaitu:

1.      LFEC (Low Frequency Eddy Current) menggunakan 1 - 10 KHz

2.      MFEC (Medium Frequency Eddy Current ) menggunakan 25 – 26 KHz

3.      HFEC (High Frequency Eddy Current) menggunakan 500 KHz


Inspeksi pada :

1.     High Frequency Eddy Current Inspection plate forward Cargo

2.     High Frequency Eddy Current Inspection Vertical Stabillizer

3.     High Frequency Eddy Current Emergency doors

4.     High Frequency Eddy Current Landing Gear Aft Vertical Stifeners

5.  Chemical milling Medium Frequency Eddy Curent Inspection STA 360 – 908, STR 4 & 10

6.     Roto inspection at forward Cargo




 3.      Ultrasonic Inspection



Ultrasonic test menggunakan suara frekuensi untuk melakukan proses pengujian atau proses pengukuran. Untuk melakukan pengujian, menggunakan frekuensi gelombang ultrasonic. Ultrasonic inspection biasanya digunakan untuk remaining thickness pada material pesawat udara.


3.  Replace Beam

Beam adalah bagian dari kerangka pesawat udara, yang berada pada sumbu longitudinal. Beam merupakan batang yang berfungsi untuk menahan beban dari floor pada pesawat terbang. Aktitas penulis mengganti beam yang rusak diakibatkan oleh korosi.

4. Replace Side Plate


Side plate terletak di daerah kargo yang berfungsi untuk penguat dan mengikat fastener floor kargo, side plate mengalami korosi dan dilakukan replace side plate.


5. Repair Crack Pada Skin



Skin pada daerah tail section mengalami kerusakan yang disebabkan oleh Benturan tangga sehingga mengalami crack, dna harus direpair untuk mencegah perambatan crack pada skin supaya crack tidak melebar.


6. Replace Stringer


Stringer mengalami kerusakan yang disebabkan oleh korosi, dan dilakukan Perbaikan pada stringer.


7. Replace Pyramid Rack


Pyramid rack berfungsi untuk menahan rak elektronik pesawat.yang terletak pada kargo depan.


8. Modification Central Vertical Strat


Modifikasi pada Vertical strut yang terletak pada kargo, berfungsi untuk penguat dan pengikat bulkhead floor.

Dan masih banyak lagi ...... cape aing nulis na da punten nya








Belum ada Komentar untuk "FL Technics Praktik Kerja Lapangan Tentang Pemeliharaan Pesawat Udara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel